Contoh RPP Untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Posted by Sonin Saputra 0 komentar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah    : Madrasah Tsanawiyah Mustaqim
Mata Pelajaran    : Aqidah Akhlak
Kelas/ Semester    : 1 / 1 (satu)
Alokasi waktu    : 70 Menit (1x pertemuan)

1.    STANDAR KOMPETENSI
Mengetahui makna sifat nafsiyah Allah SWT
2.    KOMPETENSI DASAR       
Meyakini Adanya Allah SWT
3.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Menjelaskan kepada siswa tentang bukti-bukti adanya Allah SWT
4.    MEDIA DAN BAHAN PEMBELAJARAN
    Kegiatan ini memerlukan media berupa:
a.    Poster ; berupa ayat-ayat Allah SWT, yaitu: Poster tentang proses kejadian manusia, poster berupa gambar bumi dan planet-planet dan doble tife
b.    Alat-alat yang biasa di pakai di antaranya; Bollpoint, buku, papan tulis, spidol, penghapus, mistar dan lain-lain.
c.    Buku Teks Aqidah Akhlak Kelas I,

5.    INDIKATOR
Siswa dapat meyakini adanya Allah SWT dengan melihat bukti-bukti kebesarannya baik dari dalil aqli maupun Naqli.

6.    MATERI POKOK
Bukti-bukti Adanya Allah, meliputi; hakekat manusia sebagai makhluk yang ber-Tuhan, kejadian alam semesta, adanya Nabi dan Rasul serta kejadian manusia dan di turunkannya Al-Qur’an.

7.    SKENARIO PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
a.    Guru Menyapu pandangan di ruangan kelas.
b.    Guru Sebelum duduk di kursi mengucapkan salam kepada anak didik.
c.    Mengabsen siswa.
d.    Membuka pelajaran dengan lafaz albasmalah
e.    Guru mengadakan pre test..
f.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran untuk mengondisikan siswa dan berusaha untuk memotivasi siswa.

Kegiatan Inti
a.    Kemudian Guru mengintuksikan kepada siswa untuk membaca buku paketnya secara pelan (lirih), pada subbab “Bukti-bukti Adanya Allah” beberapa menit.
b.    Setelah siswa selesai membaca subbab tersebut, dengan metode ceramah guru menerangkan makna-makna yang terkandung dalam ayat-ayat qouliyah yang telah di baca siswa Guru memasang poster yang sudah disiapkan.
c.    kemudian dihubungkan dengan makna yang terkandung pada poster-poster yang sudah dipasang sebelumnya.
d.    Guru mengintruksikan kepada siswa untuk mengeluarkan buku paket, buku tulis dan pena serta alat yang dianggap perlu lainnya.



Kegiatan Akhir
a.    Guru menyimpulkan dari materi yang sudah dipelajari, dan meminta salah satu dari siswa untuk mengulangi kesimpulan (inti materi) tersebut secara lisan selanjutnya guru menuliskannya di papan tulis.
b.    Guru mengevaluasi siswa /post tes dengan tiga pertanyaan yang berbeda, siswa yang berbeda dan posisi tempat duduk yang berbeda, yaitu: di depan, dibelakang dan di tengah.
c.    Selesai memberikan pertanyaan dan mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan. Guru menutup dengan lafaz alhamdallah secara bersama-sama, lalu mengucapkan salam.



8.    PENILAIAN
a.    Tanggapan siswa ketika menjawab pertanyaan. (bentuk lisan).
b.    Daya tangkap siswa ketika mengulangi kesimpulan dari materi.
c.    Menganalisis hasil dan cara siswa menghubungankan antara dalil qouliyah dan nagliyah.
                                                                                                                                   Sekayu, 19 Juli 2007
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                           Guru Aqidah Akhlak





( .....................     )                                                                                                        ( ........................)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah    : Madrasah Tsanawiyah Mustaqim
Mata Pelajaran    : Aqidah Akhlak
Kelas/ Semester    : 1 / 1 (satu)
Alokasi waktu    : 70 menit (1x pertemuan)

1.    STANDAR KOMPETENSI
Siswa mengetahui perilaku kehidupan sahabat
2.    KOMPETENSI DASAR       
Mencintai dan meneladani sifat dan perilaku kehidupan sahabat.
3.    INDIKATOR
Mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang patut diteladani dari Sahabat Bilal bin Rabbah.
4.    MATERI POKOK
Melatih dan mendidik siswa untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan dari Sahabat Bilal bin Rabah dan Amar bin Yasir.
5.    BAHAN DAN ALAT PEMBELAJARAN
    Kegiatan ini memerlukan bahan dan alat berupa:
a.    Alat-alat yang biasa di pakai di seperti; Bollpoint, buku, papan tulis, spidol, penghapus, dan lain-lain.
b.    Buku Teks Aqidah Akhlak Kelas I,

6.    SKENARIO PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
a.    Guru Menyapu pandangan di ruangan kelas.
b.    Guru Sebelum duduk di kursi mengucapkan salam kepada anak didik.
c.    Mengabsen siswa.
d.    Membuka pelajaran dengan lafaz albasmalah
e.    Guru mengadakan pre test..
f.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran untuk mengondisikan siswa dan berusaha untuk memotivasi siswa.
g.    Guru mengintruksikan kepada siswa untuk mengeluarkan buku paket, buku tulis dan pena serta alat yang di anggap perlu lainnya.

Kegiatan Inti
a.    Kemudian Guru mengintruksikan kepada siswa untuk membaca buku paketnya secara pelan (lirih), cermat dan teliti pada subbab mengenai “Prilaku Kehidupan Bilal” sampai selesai.
b.    Setelah siswa selesai membaca subbab tersebut, guru membagi kelompok-kelompok kecil, satu kelompok terdiri dari 3 – 4 selanjutnya guru menunjuk ketua kelompok dari setiap kelompok.
c.    Ketua kelompok ditugaskan untuk menceritakan kembali alur cerita tentang Prilaku Kehidupan Bilal bin Rabah kepada anggotanya,
d.    Anggota kelompok di tugaskan untuk mendengarkan cerita dari ketuanya dan salah satu anggota (notulen) mencatat krakter dari masing-masing tokoh yang ada dalam cerita tersebut.
e.    Anggota kelompok diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi dari cerita yang disampaikan dalam kelompoknya.
f.    Selanjutnya masing-masing kelompok melaporkan hasil tugasnya.

Kegiatan Akhir
a.    Guru mengevaluasi siswa /post tes dengan tiga pertanyaan yang berbeda, siswa yang berbeda dan kelompok yang berbeda.
b.    Selesai memberikan pertanyaan dan mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan, Guru menyimpulkan kembali alur cerita dan krakter masing-masing dari tokoh dalam cerita tersebut.
c.    Guru menutup dengan lafaz alhamdallah secara bersama-sama, lalu mengucapkan salam.

7.    PENILAIAN
a.    Tanggapan siswa ketika menjawab pertanyaan. (bentuk lisan).
b.    Daya tangkap siswa ketika menceritakan kembali di dalam kelompoknya..
c.    Hasil dari tugas tiap-tiap kelompok dalam menyebutkan tokoh-tokoh dan krakter masing-masing dalam cerita tersebut.


                                                                                                                                 Sekayu, 19 Juli 2007
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                         Guru Aqidah Akhlak


Nurdin Aziz                                                                                                               ( ..............................)



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah    : Madrasah Tsanawiyah Mustaqim
Mata Pelajaran    : Aqidah Akhlak
Kelas/ Semester    : IX / I
Alokasi waktu    : 70 Menit (1x pertemuan)

1.    STANDAR KOMPETENSI
    Meningkatkan Keimanan Kepada Hari Akhir
2.    KOMPETENSI DASAR       
Menceritakan proses kejadian kiamat suqhro seperti yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadits.
3.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Anak didik dapat memahami dan menjelaskan proses kejadian kiamat suqhro sesuai dengan yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadits.
4.    ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
    Kegiatan ini memerlukan Alat berupa:
a.    Alat-alat yang biasa di pakai di antaranya; Bollpoint, buku, papan tulis, spidol, penghapus, mistar dan lain-lain.
b.    Buku Teks Aqidah Akhlak; Kurikulum 2004 Madrasah Tsanawiyah Kelas III, karangan Drs. H. Masan AF, M.Pd.

5.    INDIKATOR
Siswa dapat menceritakan proses kejadian kiamat suqhro sesuai dengan yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadits.

6.    MATERI POKOK
Tanda-tanda kiamat suqhra (kecil),berdasarkan al-Qur’an dan Hadits

7.    SKENARIO PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
a.    Guru Menyapu pandangan di ruangan kelas.
b.    Guru Sebelum duduk di kursi mengucapkan salam kepada anak didik.
c.    Mengabsen siswa.
d.    Membuka pelajaran dengan lafaz albasmalah
e.    Apersepsi; Guru mengadakan pre test.
f.    Memotivasi  siswa, yaitu; dengan memberikan penjelasan yang menarik sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Kegiatan Inti
a.    Guru menjelaskan pengertian hari akhir.
b.    Guru menjelaskan tanda-tanda kiamat kecil (alamatul Suqhra) tentang hari akhir.
c.    Guru memberi kesempatan untuk bertanya kepada murid-murid.
d.    Guru dan siswa mengadakan Tanya jawab.
e.    Guru menyimpulkan dan menuliskannya di papan tulis (white Bord).

Kegiatan Akhir
a.    Guru mengintruksikan kepada siswa untuk mencatat kesimpulan materi yang terdapat dipapan tulis.
b.    Guru mengevaluasi siswa /post tes dengan tiga pertanyaan yang berbeda, siswa yang berbeda dan posisi tempat duduk yang berbeda, yaitu: di depan, dibelakang dan di tengah.
c.    Selesai memberikan pertanyaan dan mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan. Guru menutup dengan lafaz alhamdallah secara bersama-sama, lalu mengucapkan salam.

8.    PENILAIAN
a.    Tanggapan siswa ketika menjawab pertanyaan. (bentuk lisan).
b.    Daya tangkap siswa ketika mengulangi kesimpulan dari materi.


                                                                                                                           Sekayu, 27 Oktober 2007
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Aqidah Akhlak



( ..................................... )                                                                                ( ..................................... )       



RENCANA PEMBELAJARAN
( R  P )


Nama Sekolah    : Madrasah Tsanawiyah Mustaqim
Mata Pelajaran    : Aqidah Akhlak
Kelas/ Semester    : VIII/ I
Alokasi waktu    : 70 menit (1x pertemuan)


1.    STANDAR KOMPETENSI
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah SWT.
2.    KOMPETENSI DASAR       
Menyebutkan nama kitab-kitab Allah SWT yang diturunkan kepada para Rasul.   
3.    INDIKATOR
Siswa dapat menyebutkan nama kitab-kitab Allah SWT yang diturunkan kepada Para Rasul.
4.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Memberitahukan dan menjelaskan kepada siswa nama kitab-kitab Allah SWT yang diturunkan kepada 4 (empat) rasulnya.
5.    MATERI POKOK
Kitab-kitab Allah SWT yang diturunkan kepada para Rasul-Nya.
6.    BAHAN DAN ALAT PEMBELAJARAN
    Kegiatan ini memerlukan bahan dan alat berupa:
a.    Alat-alat yang biasa di pakai di seperti; Bollpoint, buku, papan tulis, spidol, penghapus, dan lain-lain.
b.    Buku Teks Aqidah Akhlak; Kurikulum 2004 Madrasah Tsanawiyah Kelas II, karangan Drs. H. Masan AF, M.Pd.

7.    SKENARIO PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
a.    Guru Menyapu pandangan di ruangan kelas.
b.    Guru Sebelum duduk di kursi mengucapkan salam kepada anak didik.
c.    Mengabsen siswa.
d.    Membuka pelajaran dengan lafaz albasmalah
e.    Apersepsi; Guru mengadakan pre test.
g.    Memotivasi  siswa, yaitu; dengan memberikan penjelasan yang menarik sesuai dengan rencana pembelajaran, yakni mengenai nama kitab- kitab Allah SWT yang diturunkan kepada para Rasulnya.

Kegiatan Inti
a.    Guru mengintruksikan kepada siswa untuk mengeluarkan buku paket, buku tulis dan pena serta alat yang di anggap perlu lainnya. Selanjutnya mengintruksikan kepada siswa untuk membuka buku paketnya pada subbab “Nama kitab-kitab Allah SWT yang diturunkan kepada para Rasul-Nya.
b.    Guru memberitahukan defenisi kitab-kitab Allah SWT.
c.    Guru memberitahukan nama-kitab-kitab Allah SWT.
d.    Guru menjelaskan tujuan diturunkannya Kitab-kitab-Nya.
e.    Guru menjelaskan kitab-kitab Allah SWT yang 4 buah dan dihubungkan dengan realitas ke aslian atau kepalsuannya.
f.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya..
g.    Guru menyimpulkan dan menuliskannya di papan tulis (white Bord).

Kegiatan Akhir
a.    Guru mengintruksikan kepada siswa untuk mencatat kesimpulan materi yang terdapat dipapan tulis.
b.    Guru mengevaluasi siswa /post tes dengan tiga pertanyaan yang berbeda, siswa yang berbeda dan posisi tempat duduk yang berbeda, yaitu: di depan, dibelakang dan di tengah. Adapun bentuk soalnya 1. mengenai nama-nama kitab-kitab Allah, 2. Nama-nama Rasul yang diberi kitab, dan 3. Tujuan diturunkannya kitab-kitab Allah SWT.
c.    Selesai memberikan pertanyaan dan mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan. Guru menutup dengan lafaz alhamdallah secara bersama-sama, lalu mengucapkan salam.

8.    PENILAIAN
a.    Tanggapan siswa ketika menjawab 3 bentuk pertanyaan. (bentuk lisan)
b.    Daya tangkap siswa ketika menyebutkan nama kitab-kitab Allah SWT.
c.    Reaksi perobahan sikap atau keyakinan mereka terhadap kiitab-kitab-Nya.



Sekayu, 19 Juli 2007
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                             Guru Aqidah Akhlak



( ......................... )                                                                                        ( ................................... )




Untuk Perangkat pembelajaran. Lengkapnya bisa di download atau pesan disini.


 MATERI TERKAIT:

  1. Contoh Rpp Bahasa Arab VIII Tingkat Mts 
  2.  Contoh Rpp IPS Ekonomi Kelas X
  3. Rpp Bahasa Arab Kelas VII
  4. Contoh: RPP Tahsin Tahfizh Al Qur'an (TTQ)
  5. Contoh: RPP Fiqh Madrasah Ibtidaiyah Kelas I
  6. Contoh : RPP BAHASA ARAB 4
  7. PerangkatPembelajaran Mi Terbaru
  8. Kumnpulan Regulasi Pendidikan 
  9. Cara Mengembangkan Silabus,RPP dan Bahan ajar
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Contoh RPP Untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Ditulis oleh Sonin Saputra
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mtsmustaqim.blogspot.com/2010/06/contoh-rpp-untuk-mata-pelajaran-aqidah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Bookmark

Persingkat URL Anda

Enter a long URL to make tiny:
mtsmustaqim.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor